Blog Andrie Kristianto - Cara Mengatur Jumlah Karakter Deskripsi (Snippet) Postingan di Homepage. Snippet adalah ringkasan atau deskripsi karakter singkat dari artikel yang muncul di halaman depan (homepage) postingan blogger.

Untuk membatasi atau mengatur jumlah karakter deskripsi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti pada umumnya para pembuat template membatasi jumlah karakter postingan menggunakan javascript. Tapi pada postingan kali ini, mengatur jumlah karakter deskripsi (snippet) menggunakan tag bawaan blogger sendiri.

Fungsi tag blogger yang akan digunakan pada panduan artikel ini ialah data:post.snippet' atau data:post.longSnippet. Secara defaultnya tag ini menampilkan ringkasan 140 karakter / huruf untuk data:post.snippet' dan 1000 karakter / huruf untuk data:post.longSnippet. Lalu bagaimana supaya panjang karakter postingan bisa sesuai dengan yang kita inginkan?




Cara Membatasi / Mengatur Jumlah Karakter Postingan (Snippet) Sesuai Dengan Keinginan Sendiri

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa sang pembuat template biasanya membatasi jumlah karakter postingan biasa menggunakan javascript, oleh karena itu kita harus menghapus kode javascriptnya terlebih dahulu jika ingin menggunakan tag default dari blogger.

Menggunakan tag default dari blogger lebih direkomendasikan karena bisa mempercepat loading blog, karena tag ini tidak membutuhkan javascript sama sekali. Cari kode javacript snippet dari sang pembuat template dan hapus.

Kodenya mirip-mirip seperti dibawah ini:
<script type='text/javascript'>
snippet_count = 80;
//<![CDATA[
function removeHtmlTag(n,e){if(-1!=n.indexOf("<")){for(var t=n.split("<"),i=0;i<t.length;i++)-1!=t[i].indexOf(">")&&(t[i]=t[i].substring(t[i].indexOf(">")+1,t[i].length));n=t.join("")}for(e=e<n.length-1?e:n.length-2;" "!=n.charAt(e-1)&&-1!=n.indexOf(" ",e);)e++;return n=n.substring(0,e-1),n+"..."}function createSnippet(n){var e=document.getElementById(n),t=snippet_count,i='<div class="snippets">'+removeHtmlTag(e.innerHTML,t)+"..."+"</div>";e.innerHTML=i}
//]]>
</script> 

atau kode dibawah ini juga jika ada mirip-mirip langsung hapus saja:
<div expr:id='&quot;summary&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>createSnippet(&quot;summary<data:post.id/>&quot;);</script>

Lalu ganti kode diatas dengan:
<b:eval expr='snippet(data:post.body, {length: 450, links: false})' />

Keterangan: 
- lenght: 450 merupakan panjang karakter yang ingin Anda batasi, dan angka 450 tersebut bisa diubah sesuai dengan yang kita inginkan.

Terakhir simpan template dan lihat hasilnya di halaman depan (Homepage) blogspot Anda.

Dengan mengatur atau membatasi karakter postingan (snippet) menggunakan tag bawaan dari blogger terlihat lebih simple dan lebih mudah untuk dipahami. Dibandingkan menggunakan javascript lebih ribet dan rumit. Demikianlah artikel Cara Mengatur Jumlah Karakter Deskripsi (Snippet) Postingan di Homepage, semoga bermanfaat.

2 Komentar

  1. keren lah blognya. Sukses selalu yah..Amin. Follow ya gan.
    https://www.masmedia.xyz/2019/08/kekuatan-gempa-banten-m-69.html

    BalasHapus

Posting Komentar